Fakta Mengejutkan Tentang Lambung Anda

Setelah sebelumnya kita melirik pada hal-hal yang mengejutkan dan menarik dari bersin, kini kita akan sedikit hal-hal serupa menyangkut tentang lambung (baca: perut) kita. Tulisan ini saya sadurkan kembali dari artikel berjudul “9 Surprising Facts About Your Stomach” oleh Colette Bouchez.

Ketika orang berbicara masalah lambung, ada banyak sekali mitos menurut para ahli. Nah kini seberapa banyakkah Anda tahu tentang lambung anda sendiri?

  1. Fakta atau Mitos: Pencernaan utamanya berlangsung di lambung?

Jawaban: Mitos. Bagian terbesar proses pencernaan terjadi di usus halus. Lambung menampung makanan yang masuk pada awalnya, kemudian memecah-mecahnya menjadi partikel-partikel kecil yang disebut “chime” (mungkin ini mengingatkan Anda pada pelajaran di SMA dulu). Kemudian “chime” dilepas dalam paket-paket kecil ke dalam usus halus di mana kebanyakan proses pencernaan terjadi.

Makanan mungkin tidak dicerna sebagaimana urutan saat mereka masuk ke lambung, karena mereka ditampung terlebih dahulu, diolah, dan dilepaskan ke usus halus dengan bersama-sama.

  1. Fakta atau Mitos: Jika Anda mengurangi porsi makanan anda, pada akhirnya perut anda akan mengecil sehingga tidak begitu mudah merasa lapar.

Jawaban: Mitos. Jika Anda mencapai usia dewasa, lambung anda tidak akan jauh berubah ukurannya – kecuali Anda menjalani operasi yang secara sengaja mengecilkan ukurannya. Makan lebih sedikit tidak akan mengecilkan lambung anda, namun akan membantu Anda menyetel ulang “pendeteksi selera makan” jadi Anda tidak akan merasa mudah lapar, dan Anda bisa lebih mudah mengelola rencana diet anda.

  1. Fakta atau Mitos: Orang kurus memiliki lambung yang secara alami lebih kecil daripada mereka yang lebih gemuk.

Jawaban: Mitos. Walau pun mungkin sulit dipercaya, ukuran lambung tidak berhubungan dengan berat badan ataupun pengendalian berat badan. Orang-orang yang secara alami kurus memiliki lambung yang sama besar atau bahkan lebih daripada mereka yang berperang guna menurunkan berat badannya.

  1. Fakta atau Mitos: Olah raga seperti sit-ups dapat mengurangi ukuran lambung.

Jawaban: Mitos. Tidak ada latihan yang mengubah ukuran organ, namun olah raga seperti sit-ups bisa membantu membakar lemak di sekitar area perut dan mengencangkan otot-otot perut yang membawa dampak kesehatannya tersendiri.

  1. Fakta atau Mitos: Makanan yang mengandung serat tak larut lebih sedikit menyebabkan gas dan kembung daripada makanan yang mengandung serat larut air.

Jawaban: Fakta. Makanan yang mengandung serat lebih “halus” seperti kacang polong, kacang-kacangan, dan buah jeruk dapat menghasilkan lebih banyak gas dan menyembabkan rasa kembung pada perut daripada makanan dengan serat tak larut seperti pada roti atau sereal gandum, kol, wortel. Hal ini disebabkan karena proses pencernaan serat larut oleh flora usus menghasilkan sejumlah gas, sedangkan serat tak larut tidak dicerna sehingga lewat begitu saja. Namun sebagai gantinya, serat tak larut mungkin bisa menyebabkan peningkatan gerak usus.

Ingin tahu lebih banyak yang menarik, silakan kunjungi referensinya 😉

24 tanggapan untuk “Fakta Mengejutkan Tentang Lambung Anda”

  1. Ternyata yg saya ketahui..lebih banyak berbau mitos. Taunya setelah baca tulisan ini..hehe 🙂
    Makasih banyak utk infonya..
    Salam hangat dan damai selalu…

    Suka

  2. saya lebih sering dengar mitos yang nomor 3 itu. jadi intinya mau orang kurus ataupun gemuk ukuran lambungnya sama saja. gitu ya…

    Suka

    • Bli Wira,

      Bukannya daripada dibahas – lebih baik dinikmati saja 😀

      Jika berjodoh saya akan mencoba berbagi, he he, judul artikel yang ngantri sudah penuh sampai bulan depan 😉

      Tapi rasanya ada banyak yang bahas – cuma pakai bahasa Inggris :-p

      Suka

  3. Terimakasih infonya
    Teringat … beberapa waktu lalu menghabiskan lumayan buah kelengkeng dan duku.
    Rasanya kenyang dan perut kembung, melilit sampai seharian.

    Kalau mitos itu kan berasal dari zaman dahulu, dimana ilmu pengetahuan tidak semaju, sedetail kini.
    Dan pengertian akan suatu hal pengetahuan, lebih mengedepankan logika sederhana sesuai dengan perkembangan kemajuan dimasa itu.

    Suka

  4. kebayang kalo dibilang “kaulah jantung lambung ku, sayang”..emang kurang romantis sih, padahal lambung penting ternyata ya..:D

    Suka

    • Wigati,

      Mungkin karena “hati” memiliki fungsi yang jauh lebih banyak daripada “lambung”…

      Dan “hati” juga sebagai tempat “menetralkan berbagai kesusahan” tubuh 🙂

      Suka

  5. Pantasan saja saya sering nge-gas, doyannya memang bunga kol dan kacang-kadangan.
    Tetapi setelah urit acid saya melonjak, saya mengurangi konsumsi kacang-kacangan dan sejenisnya.

    Suka

    • Pak Aldy,

      Kesehatan adalah harta yang sangat berharga…

      Diet dan olah raga adalah dua hal yang sering kali paling mudah kita kesampingkan – padahal merupakan hal yang penting. Saya juga kadang bingung dengan diri saya sendiri.

      Suka

    • Mas Cahya,
      Sekarang saya memang sudah tidak melakukan olahraga berat lagi ( Volly Ball, Sepak Bola ) , sekarang untuk menjaga kebugaran saya lebih sering menjadi wasit Futsal.

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.