Komentar Anda Ditolak?

Sehari yang lalu Pak Huang menyampaikan lewat blognya dan blog ini bahwa beberapa kali komentarnya ditolak, apa dia diblacklist sebagaimana ditanyakan dalam tulisan “Saya di Blacklist”.

Secara singkat saya jawab, “Tidak”. Saya tidak memberikan daftar hitam pada narablog dengan blog pribadinya, saya hanya memberikan daftar hitam pada netizen yang memberikan URI/URL ke situs atau halaman komersial, atau hal-hal lain yang bertentangan dengan “terms of service” blog ini. Kebijakan ini saya terapkan setelah mempertimbangkan adanya “komentar blog yang sulit diloloskan”, sehingga saya menggunakan mesin antispam khusus untuk ini.

Jika ada “violation agains terms” maka secara otomatis mesin ini akan berfungsi, demikian juga jika ada kata-kata yang mengandung unsur spamdexing, komentar itu akan ditolak. Atau kebetulan kalau jika saat daring menggunakan alamat IP yang identik dengan para spammer yang pernah dikenali, hal ini dapat terjadi. Sebagaimana gambar berikut yang saya ambil dari blog Pak Huang.

Dengan mengubah beberapa kata yang ada dalam daftar hitam biasanya akan membuat komentar bisa diloloskan.

Jadi menghindari kata-kata berbau spamdexing, sara, pornografi, menyerang/menyudutkan komentar yang lain, kasar, dan lain sebagainya biasanya akan meloloskan komentar.

Namun ID tidak pernah saya blok. Saya menulis tentang ini di halaman bantuan. Jadi sebenarnya sudah ada penjelasannya, he he…, mohon maaf bagi yang sering kena blok, mohon tidak jera untuk mencoba melewati aral rintangan di blog ini.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Cahya Legawa

17 tanggapan untuk “Komentar Anda Ditolak?”

  1. Saya belum pernah ngerasain komentar di blok, kalau masuk akismet mungkin pernah.

    Bukan menyerang ya, mungkin ada hubungannya dengan komentar yang sangat pendek khas fast reader? Makanya saya menghindari berkomentar seperti itu. Kalaupun tak tau harus komen apa setelah membaca, ya sebaiknya tak usah komentar, jangan kejar setoran.

    Betul, Bli?

    Suka

    • Mbak Isnuansa,

      Kalau saya sendiri malah cukup sering ditangkap akismet, apa mungkin dia kesel ya karena saya hilangkan dari blog 😀

      Yup…, narablog tidak usah kejar setoran…, nanti kita ikut-ikutan kebut-kebutan seperti angkutan umum, padahal blog kita bisa jadi limosin super nyaman yang melaju pelan di pinggiran pantai dengan pemandangan cahaya matahari yang terbenam 😉

      Suka

  2. untungnya belum pernah ditolak 🙂

    mohon jangan di block ya , aku masih suka berlangganan baca blognya Cahya 🙂 hehe

    Suka

  3. Wah, ternyata udah ada iklan yang nampang di dalam posting nih 🙂

    Soal topik di atas, saya belakangan ini menggunakan plugin invisible captcha. Apakah juga bisa memblok IP yang dicurigai atau tidak, saya juga kurang tau sih. Masalahnya kan IP address bisa berubah-ubah setiap kali kita online. Apakah harus dengan cara mensetting IP yang sama setiap kali online demi mencegah kemungkinan menggunakan IP yang pernah digunakan Spammer? 🙂

    Suka

    • iskandaria,

      Oh…, yang kelihatan bukan logo blog saya toh 😆 – padahal itu dirancang agar terlihat hanya kalau untuk pengunjung baru atau pengunjung luar negeri. Pakai adblock atau noscript saja Mas Is 😀

      Mungkin narablog harus mau serempak mengampanyekan blog menolak spam, agar tidak semakin banyak IP address dinamis yang tercemari. Sebab masih ada narablog yang berbaik hati menerima komentar spam, rasanya itu membuat para spammer semakin semangat untuk spamming tidak peduli mau pakai komputer publik atau pun komputer pribadi.

      Suka

  4. Atau kebetulan kalau jika saat daring menggunakan alamat IP yang identik dengan para spammer yang pernah dikenali, hal ini dapat terjadi.

    Iya, saya pikir juga begitu. beberapa kali teman saya berkomentar, tapi malah dianggap sp*m sama akismet. Sepertinya alamat IP yang ia gunakan pernah diblokir oleh akismet sebelumnya, sehingga setiap kali ia berkomentar, pasti langsung masuk folder sp*m

    Suka

    • rismaka,

      Saya cuma tahu teorinya yang pernah disebut di beberapa forum, kadang komentar saya juga tertangkap akismet 😆

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.