Yahoo Menutup Banyak Layanan

Kembali saya mendapatkan surat elektronik dari pihak Yahoo! inc., bahwa ada lagi layanan yang hendak ditutup. Walau memang pertimbangan ini sudah ada sejak berbulan-bulan lalu. Yahoo menutup banyak sekali layanan beberapa tahun terakhir, katakanlah seperti Yahoo! 360 (facebook ala Yahoo).

Surat kali ini berisi bahwa Yahoo akan menutup layanan MyBlogLog yang sebenarnya diakuisisi oleh Yahoo belum terlalu lama, mungkin hanya beberapa tahun belakangan ini. Tapi sepertinya layanan ini kalah saing dengan banyak layanan serupa, seperti Gravatar dari Auttomatic misalnya. Atau layanan terbaru about.me yang sedang naik daun saat ini.

Beberapa layanan lainnya juga sedang menghadapi masa-masa senjanya, bilang saja Yahoo Buzz, Yahoo Picks, dan Yahoo Bookmarks. Delicious juga konon terancam hilang, namun masih dipertahankan. Dulu Yahoo sempat ingin membeli layanan Facebook, namun ditolak pendirinya.

Setidaknya beberapa layanan yang saya gunakan masih aktif seperti Yahoo Mail, Yahoo Groups, Flickr dan You Tube (eh, kalau yang ini masuk Google atau Yahoo ya).

Pencarian Yahoo juga mungkin akan mengalami perubahan – Yahoo Search – akan dimotori oleh Bing yang dikembangkan Microsoft, mengingat memang akan gabungan kerja sama di antara kedua perusahaan itu menghasilkan mesin telusur yang baik. Saat ini saya cukup sering menggunakan Bing, karena memberikan hasil yang lebih memuaskan dibandingkan Google.

Hal ini menyebabkan Yahoo Site Explorer akan menghilang – mungkin – di awal 2012 (kiamat?), dan hanya akan dapat diakses melalui Bing Webmaster Center.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.