Perayaan dan Tantangan Hari Perempuan Sedunia

Tanggal 8 Maret 2011 tepat merupakan perayaan ke-100 hari perempuan sedunia. Kita bisa merayakannya, namun kita tidak dapat menutup mata terhadap pelbagai tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dalam sisi kemanusiaannya. Tentu saja dari lapang pandang dunia kesehatan, karena meski dengan kemajuan ilmu kedokteran dan kesehatan saat ini, sering kali perempuan belum lepas dari masalah-masalah mendasar seperti kekerasan seksual, diskriminasi berbasis gender karena adanya paradigma tertentu dalam lingkup masyarakat tertentu.

Berikut saya adaptasikan pernyataan WHO Director-General, Dr. Margaret Chan, untuk peringatan 100 tahun perayaan hari perempuan sedunia. Semoga dapat menginspirasi banyak pihak untuk tetap memberi perhatian yang setara terhadap hak-hak perempuan.

Tahun ini, kami menandai satu abad perempuan sebagai agen perubahan untuk memperbaiki kehidupan mereka, masyarakat dan kesehatan.

Selama 100 tahun terakhir, banyak kemajuan telah meningkatkan kesehatan perempuan dan anak perempuan. Contohnya termasuk: reformasi sosial dan hukum mengenai usia minimum perkawinan dan persetujuan seksual; akses ke layanan aborsi yang aman (yang sesuai hukum), kontrasepsi, mammogram dan teknologi kesehatan lainnya; dan kemajuan untuk mengakhiri praktek-praktek berbahaya seperti kekerasan seksual dan berbasis gender, termasuk mutilasi alat kelamin perempuan.

Tapi kesehatan perempuan melibatkan lebih dari sekadar reproduksi dan banyak penyakit memanifestasikan diri mereka sendiri dan diperlakukan berbeda pada wanita. Perempuan sebagai ilmuwan, dokter, advokat dan peneliti kesehatan perempuan telah memperkuat pengetahuan dan praktek medis kondisi umum, termasuk penyakit jantung – sekarang salah satu dari 10 penyebab utama kematian perempuan di seluruh dunia.

Perempuan tidak melakukan hal-hal ini saja – tetapi hal ini tidak mungkin tercapai tanpa perempuan dan anak perempuan mengambil masalah ke tangan mereka sendiri (menangani masalah dengan mandiri).

Ya, ada banyak hal guna dirayakan pada ulang tahun ke-100 ini. Tapi kita juga menghadapi tantangan. Angka kematian ibu dan tingkat HIV di kalangan perempuan muda masih terlalu tinggi, konsumsi tembakau di kalangan perempuan terus meningkat, kekerasan seksual dan bentuk-bentuk lain kekerasan berbasis gender terus meluas, dan ada beban yang semakin berat akan penyakit menular pada wanita.

Tema tahun ini, "Akses setara terhadap pendidikan, pelatihan dan ilmu pengetahuan dan teknologi: Jalan Menuju pekerjaan yang layak bagi perempuan", berfokus pada beberapa faktor penentu dasar kesehatan perempuan. Cara-cara langsung dan tidak langsung bahwa ketidakadilan gender mencegah perempuan dari segala usia dari mewujudkan hak asasi manusia mereka untuk kesehatan memerlukan tindakan sekarang.

Pendidikan dan pelatihan membekali anak perempuan dan perempuan dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk melindungi kesehatan mereka tetapi norma-norma sosial menyangkal banyak kesempatan untuk menghadiri dan menyelesaikan tingkat dasar dan menengah pendidikan. Ini dengan buruk mempengaruhi tingkat kesuburan dan merokok dan pencegahan HIV, dan berhubungan dengan meningkatnya risiko mengalami kekerasan seksual dan bentuk-bentuk lain kekerasan berbasis gender.

Akses ke ilmu pengetahuan dan teknologi memberdayakan perempuan untuk mengambil kendali kesehatan mereka dan memungkinkan perempuan dan anak perempuan untuk berpartisipasi dalam pelatihan khusus dan program pendidikan. Dengan pelatihan seperti itu, perempuan dan gadis remaja mendapat manfaat dari kampanye kesehatan yang inovatif sering disebarkan melalui teknologi telepon daring atau mobile. Jika kita hendak menjadi inovatif dengan strategi kesehatan, kita harus memastikan bahwa perempuan dan anak perempuan tidak tertinggal karena mereka tidak tahu bagaimana menggunakannya atau tidak memiliki akses kepada hal-hal tersebut.

Melibatkan perempuan dalam penelitian kesehatan dan pengembangan teknologi memastikan bahwa kemajuan medis tidak membahayakan kesehatan mereka dan memastikan manfaat yang sama dari kemajuan ini. Hal ini memerlukan partisipasi perempuan dalam uji klinis, serta data dari semua penelitian kesehatan dipisahkan menurut jenis kelamin, setidaknya.

Ketika perempuan mendapatkan manfaat dari kondisi pekerjaan yang layak, mereka lebih mungkin memperoleh manfaat dari langkah-langkah perlindungan sosial seperti asuransi kesehatan berbasis ketenagakerjaan, tunjangan kehamilan, kesehatan dan langkah-langkah keselamatan – semua faktor yang meningkatkan akses ke perawatan kesehatan dan hasil kesehatan.

Singkatnya, ketika perempuan dan anak perempuan tidak memiliki akses yang sama terhadap faktor-faktor penentu kesehatan, pekerjaan pendidikan, dan sistem kesehatan yang telah meninggalkan mereka. Sudah saatnya kita berhenti meninggalkan perempuan dan gadis remaja.

Hari ini, mari kita meluangkan waktu untuk merayakan prestasi yang dibuat untuk dan oleh perempuan selama abad terakhir. Mari kita juga bergerak maju untuk mengatasi kesenjangan kritis, membangun pelajaran sejak Internasional pertama Hari Perempuan, untuk menyadari potensi penuh dari perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia.

Disampaikan di Geneva, pada 8 Maret 2011.

7 tanggapan untuk “Perayaan dan Tantangan Hari Perempuan Sedunia”

  1. masih banyak banget ya PR perempuan, disegala lini :(.
    Gak bisa dikerjakan dan diselesaikan sendiri tanpa ada dukungan dari yang bukan perempuan juga dari para pembuat kebijakan

    Suka

  2. Salah satu isi MDGs pun juga tentang perempuan. Beberapa hari lalu aku diskusi sama beberapa teman tentang masalah TKW dari sudut pandang gender. Dan itu termasuk bahaya laten di negeri ini lho. Aku cuma mikir: masalah perempuan, sekalipun sudah ada departemen pemberdayaan perempuan tapi departemen ini sepi sekali tanggapan mengenai kasus para TKW. What do u thing?

    Suka

    • I don't know for sure, this country obviously has a lot of problems, especially the political situations aren't so suitable for the people of this nation to focus into some other "more" essential and urgent matters.

      Suka

    • Saya juga baru tahu kemarin itu kalau tgl 8 Maret adalah hari perempuan sedunia.
      Perempuan memang sangat beresiko dari segi apapun. Rentan kekerasan, rentan penyakit resiko tinggi organ reproduksi. Mudah2an ada tindakan nyata untuk melindungi perempuan.

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.