Smartfren dengan Pantech PX-500 pada Windows 7

Saya dulu membeli modem Pantech PX-500 PCMCIA untuk berlangganan Internet Mobi dari Mobile-8. Namun sekarang Mobi sudah beralih menjadi layanan Smartfren Connex, itu lho yang iklannya ada balapan F1 di televisi. Permasalahannya adalah berbeda dengan Linux yang secara otomatis mendeteksi modem Pantech PX-500, tidak demikian halnya dengan Windows, sehingga pihak Mobile-8 menyediakan driver-nya untuk masing-masing seri Windows.

Pada saat saya membeli modem ini, Windows 7 belum dirilis ke pasaran. Dan ketika rilisnya, pihak Mobile-8 pun menyediakan driver khusus untuk Windows 7. Namun entah kenapa driver ini selalu gagal untuk mendetekasi modem Pantech PX-500 di Windows 7. Saya sempat dulu mencobanya di beberapa komputer teman.

Namun saya sekarang mencobanya kembali, tidak dengan driver terbaru yang disediakan, namun dengan driver lawas dari keping CD yang disediakan oleh Mobi saat membeli paketnya dulu. Driver ini ditujukan untuk Windows Vista, namun karena sepengetahuan saya Windows Vista dan 7 masih menggunakan kernel yang setara, maka asumsinya, driver ini juga bisa dipasang (paksa) ke dalam Windows 7.

Ilustrasi

Dan viola! Ternyata bisa disambungkan, yah tulisannya sih masih Mobi Access, tapi sudah menggunakan layanan Smartfren Connex. Koneksi cukup stabil, dan pada jaringan EVDO bisa mencapai kecepatan unduh 64 KiB/s hingga 115 KiB/s (setara dengan 512 Kbps sampai 1 Mbps), itupun jika pada jam-jam sepi dengan mengakses server yang bagus.

Di atas adalah hasil uji kecepatan jaringan Internet dengan menggunakan layanan Speedtest.net pada peramban Firefox 5.0.1. Tes ini saya lakukan menjelang pukul 17.00 yang merupakan jam-jam akses yang cukup padat merayap. Namun pada kecepatan sekian dengan menggunakan anggaran minimalis, saya rasa tidak terlalu buruklah untuk jaringan Smartfren.

21 tanggapan untuk “Smartfren dengan Pantech PX-500 pada Windows 7”

  1. Mas bro, emang bisa yah dengan modem Pantech PX 500 ini konek paket smartfren ? gmn caranya mas bro, aku punya modem ini soalnya dah lama nganggur mkn bisa dipake lagi 🙂

    Suka

    • Tio, tidak ada cara khusus kok, kalau modem saya memang langsung dialihkan dari MOBI ke Smartfren dengan otomatis, tapi setelan lamanya masih berfungsi dengan baik. Jika modem sudah mati (kartunya), mungkin bisa dibawa ke Smartfren (galeri/pusatnya) untuk diinjeksikan nomor baru yang aktif.

      Suka

  2. bos…….setau saya, apapun jenis OS yang di pake, baik itu XP, W7, ato jg VISTA . . . penginstalan dari driver modem nya tetap pake yang XP jangan yang lain . karena xp komptible untuk semua OS, saya udah coba di XP & W7 semua berjalan lancar dan tanpa hambatan….

    Suka

  3. Mas tanya dong, modemnya masih menggunakan nomor MOBI atau diinject ke nomor smart. Ada link download drivernya gak karena CDnya tidak ada sementara saya sudah memakai windows7..terima kasih.

    Suka

    • Mas Didik, nomornya masih menggunakan nomor MOBI bawaannya sedari awal (tidak pernah diganti), username dan passwordnya juga masih ikut MOBI. Coba diunduh driver yang untuk Windows Vista di situs resmi MOBI/Smartfren, soalnya Windows 7 yang disediakan tidak jalan sama sekali.

      Suka

    • Stabil pas jam-jam tertentu, tapi sekarang sudah lumayan sering nge-drop, tidak seperti zaman saat Mobi masih berdiri mandiri, dan penggunanya masih sedikit :lol:.

      Suka

  4. Paket internet saya juga udah habis.. Saya juga pemakai smart mas, tapi tak bisa menikmati jaringan EVDO karena cuma make hp modem… Lagi nyari2 paket internet murah yg cocok di desa saya… Mungkin GSM karena punyanya modem itu..

    Suka

  5. jadi ngiri liat kecepatan aksesnya bli. sayangnya jangankan jatingan evdo,jaringan cdma pun belum mampir di tempatku bli

    Suka

    • Mas Alief, itu hanya jaringannya saja yang EVDO, tapi kecepatannya masih ngikuti CDMA 1x, kalau mau full EVDO, jatuhnya lebih mahal lagi. Bedangnya, jika pada jaringan EVDO, maka kecepatan CDMA 1x masih bisa dipertahankan tetap stabil, tapi jika sepenuhnya jaringan CDMA 1x – maka saat banyak koneksi yang ikut serta, kecepatan jaringan biasanya menurun menurut pengalaman saya.

      Suka

  6. Hadehh..ribet juga ya ternyata 😀
    Untungnya saya pak XP, walau jadul tapi kompatibel dengan banyak modem 😆
    Btw, itu cepet amat mas, speedy saya aja gak secepet itu 😀

    Suka

    • Tidak juga, karena ini hanya masalah kompatibilitas saja, mau tidak mau seiring perkembangan teknologi, maka penggunanya juga setidaknya mesti tahu tentang kompatibilitas teknologi baru terhadap yang lama 🙂 – IMHO. Tapi tidak selalu secepat itu, kadang ada waktunya juga jadi teramat lambat.

      Suka

    • Yah, lumayan-lah, saya tidak berani bilang kencang. Jika Internet kecang, berarti bisa mengunduh data beberapa Gigabit hanya dalam berapa menit, dan itu perlu paket kontrak ISP senilai belasan hingga puluhan juta per bulan. Kalau yang ini sih standar saja, setidaknya mencukupi untuk keperluan browsing dan mengunduh berkas ukuran kecil. Saya tidak menggunakan AHA, jadi tidak bisa memberikan tinjauannya, namun tetangga saya yang kebetulan menggunakan AHA sepertinya tidak menemukan masalah dan keluhan berarti, kecuali kemarin modemnya patah dan agak sulit jika diisi ulang secara elektronik, kalau jaringan sih katanya cukup bagus.

      Suka

  7. ya memang kan windows 7 itu repackage dari windows vista 😆 … saya juga sewaktu mencoba win 7 RC menggunakan driver vista semua … works like a charm 😀

    *600kbps = 75kBps kalau donlot … lebih dari keren nih … saya aja kalau masih ada kuota cuman mentok sampai 300an … mau pake smartfren belum tahu di daerah saya ada engga jaringan EVDO-nya … *mengelus2 dada

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.