Download Windows 8 Gratis

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya Microsoft merilis open public seri Windows 8 yang ditujukan sebagai pratinjau bagi pengembang. Versi ini dikenal sebagai Windows 8 Developer Preview, dan bisa diunduh dan digunakan secara gratis hingga 11 Maret 2012.

Untuk mengunduhnya, silakan mengunjungi halaman Microsoft Dev Center. Anda bisa memilih mengunduh versi 32-bit (2,8 GB) atau 64-bit (4,8 GB). Jika hendak mencoba di mesin virtualisasi, ada baiknya mengunduh versi32-bit. Windows 8 tidak hanya untuk komputer dan notebook, namun juga untuk perangkat tablet cerdas yang biasanya diisi dengan Androids atau Windows Mobile (kini sudah tidak ada lagi Windows Mobile).

Windows 8 dinyatakan memiliki ekosistem yang jauh lebih baik dari generasi pendahulunya, baik dari segi kecepatan booting (lebih ringan) maupun kemampuan grafis yang lebih baik (lebih tangguh). Namun Anda mungkin perlu membiasakan diri dengan antarmuka pengguna bergaya “metro” yang dikenalkan di Windows 8, karena mungkin layar sentuh akan lebih membantu anda daripada tetikus.

Karena ini adalah versi pra-beta, jadi tidak disarankan untuk menggunakannya dalam proses produksi. Fitur yang ada di versi ini belum tentu akan ada pada versi final, dan juga sebaliknya. Tidak ada jaminan bahwa produk ini akan berfungsi sebagaimana yang diharapkan, sehingga jika Anda menggunakannya, berarti Anda mesti bersiap menanggung risikonya sendiri.

Untuk memfungsikan fitur-fitur tertentu, Anda mungkin perlu melakukan pembaharuan perangkat keras (yang dalam hal ini juga bisa bermakna membeli komputer baru yang lebih canggih), dan peranti lunak pendukungnya.

Nah, silakan mencoba selagi gratis.

Update: Tulisan lawas, layanan yang dicantumkan bisa jadi sudah tidak tersedia lagi.

37 tanggapan untuk “Download Windows 8 Gratis”

  1. Emang gak salah kok !!!
    dari segi performance booting & startup jauh lebih cepat, tampilan bergaya metro…
    mungkin dalam interface cukup sulit, idealnya utk Tablet PC !!

    Suka

  2. Saya sudah coba. Lumayan cepat instalannya. Sekitar 20 menit, itu pun saya coba menggunakan P4 2,8 memory 2 Gb HD 80Gb. Tamiplannya juga bagus. Sepertinya dipersiapkan untuk PC Tablet / Layar sentuh

    Suka

  3. yup bener juga kata pepatah itu bli…hehehe
    pengalaman bersama windows sangat berkesan dan memang tidak bisa dipungkiri.. windows tidak dapat benar2 ditinggalkan… karena ada berbagai aplikasi yang hanya dapat berjalan di windows..

    Suka

    • Fad, saya tidak tahu, tapi konsep metro mungkin memiliki penggemarnya sendiri. Kalau masalah virus, ya itu klasik, tapi bukankah itu yang membuat Windows menjadi salah satu sistem operasi teraman saat ini, karena seperti pepatah lama, semakin keras angin menerpa, semakin dalam akar membumi.

      Suka

  4. uhhhhhhhhh…
    malas ah pake windows 8, saolnya ngak beda dengan windows 7 hanya ada sedikit perubahan. kecuali windows developer preview lu,ayan asyik bedanya but yg jadi masalh ngka bisa di activate hanya same 8 maret 2012…
    oh kalo ada yg tahu cara activatenya please sharing dng gue yach………

    Suka

  5. saya gaptek..mau nanya nih utk nyoba windows 8 tinggal download softwarenya lalu diinstal gitu aja ya?trus nanti tampilan sebelumnya (windows xp/7) nanti langsung berubah jadi windows 8 gitu ya??data2 di komputer kita nanti ilang semua gak??
    mohon pencerahannya…thx

    Suka

    • Galung, yang diunduh bukan software yang bisa diinstall pada Windows sebelumnya. Tapi sebuah citra (image) dari DVD instalasi Windows 8.

      Pertama, unduh berkas citra ini dari situs resminya, lalu salin ke dalam DVD kosong yang sudah disiapkan, jika citra ini sudah pindah ke dalam DVD tersebut, maka DVD itu akan menjadi DVD instalasi Windows 8. Untuk pengguna Windows mungkin akan perlu program pembaca citra (terutama tipe berkas ISO) DVD seperti DaemonTools yang bisa didapatkan secara gratis untuk menyalin citra tersebut ke dalam DVD kosong.

      Untuk versi Windows 8 ini, sayangnya tidak bisa dilakukan upgrade dari Windows edisi sebelumnya, artinya kita harus melakukan pemasangan bersih (clean install) untuk menggunakannya. Ya, tentunya proses ini bermakna bahwa data di seluruh cakram keras (hard disk) akan sepenuhnya dihapus untuk memasang Windows 8 pada partisinya. Jika Galung hendak memasang, sangat disarankan untuk melakukan pencadangan (back up) terlebih dahulu semua data yang dimiliki, sehingga nanti bisa dipulihkan (restore) lagi.

      Suka

    • o begitu ya..terima kasih atas pencerahannya.
      kalo kita ingin instal windows8 sudah bisa dilakukan di toko2 komputer terdekat belum ya?
      saya coba download di Microsoft Dev Center gak selesai2 akhirnya saya stop deh

      Suka

    • Galung, kalau di toko komputer terdekat memiliki DVD atau ISO DVD-nya, ya kemungkinan besar bisa, atau minta bantuan pada teman yang memang punya. Iya sih mengunduh beberapa GB itu perlu jaringan yang mumpuni, jika tidak bisa gagal di tengah jalan. Saya sudah lihat di blognya Mas Tomi Purba, kalau dia sudah berhasil memasang Windows 8 ini.

      Suka

  6. Saya masih cukup setia pakai OS yang katrok aja dulu, Mas. Windows XP. Masalahnya problematikanya kalau pakai OS baru itu ada pada hardwarenya. Nanti ada yang belum support. Contoh seperti modem USB. Tapi saya tunggu, Mas reviewnya kalau nanti sudah mencicipi.

    Suka

  7. eh itu tuneup utilities 2010 masih bisa di donlot lho 😀 … saya dapat lisensi 1 tahun wekekekek semoga ada giveaway di 2011 ini dari tuneup utilities 😆 *harapan si miskin*

    Suka

  8. ogah! mau aja jadi “kelinci percobaan”-nya bill gates 😆 … kalau sebagai end user mendingan nunggu versi beta atau RC-nya nanti. soalnya saya juga nyoba windows 7 itu yang BEta dan RC dari majalah komputer dulu. lumayan tuh 2 tahun pake Windows 7 😀 … 1 tahun BEta, 1 tahun RC. Tapi kalau mau aman emang menggunakan RC, karena sudah menuju sempurna, tanpa kendala yang berarti dibandingkan Beta yang seperti menggunakan Slackware penuh dengan “bleeding Edge Experience” hihihi

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.