Cinnamon untuk openSUSE Asparagus

Apakah Anda pernah berpikir bahwa tampilan Linux Mint terbaru yang berbasis GNOME 3 lumayan menarik? Mereka berhasil mencabangkan Gnome Shell ke dalam salah satu desktop khas – Cinnamon, yang memberikan sentuhan familier seperti ketika menggunakan GNOME 2.x. Tampilan ini kini juga bisa dicoba pada openSUSE 12.1 Asparagus.

Pada halaman openSUSE Lizards, ada berita “Cinnamon for openSUSE” tentang uji coba Cinnamon pada openSUSE. Meskipun baru dalam tahap uji coba, sepertinya sudah dapat menampilan Cinnamon seperti pada Linux Mint, meski masih terdapat beberapa isu terkait setelah antarmuka grafis.

Paket ini disediakan untuk uji coba saja, jadi bagi yang ingin mencoba silakan dilakukan secara mandiri.

Pratampil Cinnamon pada Linux Mint.

Sebagai salah satu desktop environment terbaru, Cinnamon mungkin akan berkembang dengan sendirinya – sebagaimana Unity pada Ubuntu. Sama-sama menggunakan GNOME 3, namun dengan shell yang berbeda.

Jika ada yang tertarik untuk mencoba Cinnamon pada openSUSE 12.1, saya sarankan membaca artikel “Linux Mint’s Cinnamon 1.2 deployed for openSUSE” oleh Nelson Marques. Di sana terdapat rincian apa yang dijadikan pertimbangan, dan apa yang sebaiknya dilakukan pasca pemasangan Cinnamon. Jangan khawatir, terdapat fitur 1-click-install, jadi tidak akan terlalu sulit.

Saya sendiri belum tertarik untuk mencobanya, karena masih cukup produktif bekerja dengan Gnome Shell yang asli, jika merasa bosan, dapat beralih sesaat ke desktop KDE.

Update:

Cinnamon untuk openSUSE tidak lagi dipertahankan karena permasalahan dengan upstreams, untuk selengkapnya silakan membaca tulisan penyedia Cinnamon untuk openSUSE selama ini di “Cinnamon is unmaintainable, thus gets wiped!” – bagi yang mencobanya, mungkin ingin beralih kembali ke Gnome Shell.

20 tanggapan untuk “Cinnamon untuk openSUSE Asparagus”

  1. Kalau untuk netbook, saya sudah terlanjur terbiasa dengan shortcut keyboardnya unity.
    Lebih efektif ga usah pake mouse 🙂

    Suka

    • Mas Andhy, saya masih bergantung pada tetikus, meskipun papan ketika seharusnya mempermudah kita. Apalagi besok Ubuntu 12.04 akan menggunakan HUD, riwayat menu pada jendela selama 30 tahun ini akan tergantikan di Ubuntu.

      Suka

  2. Belum pernah nyoba Cinnamon sih. Denger aja baru sekarang. Mudah-mudahan punya keunggulan tersendiri yang bisa membuatnya mampu bersaing dengan Gnome maupun KDE. Kalau melihat pratampil di atas, sepertinya tidak banyak berbeda dengan launcher ala MintMenu 🙂 Entahlah kalau tampilan jendela aplikasi maupun utilitas kustomisasinya.

    Suka

    • basicnya memang mintmenu (untuk gnomeshell) 😀 … dari awal juga kan OpenSUSE menggunakan menu yang sama dengan mint walau sedikit beda tampilannya …

      Suka

    • Mas Is, Cinnamon bisa dikatakan memang produknya Linux Mint, hanya saja yang namanya open source, kodenya bisa dipakai pada Linux manapun :D.

      Suka

    • Boleh, nanti teknisnya silakan via japri saja 😀 – Lha, biasanya saya juga dari kampus unduhnya pakai repo.ugm.ac.id biar wus-wus-wus :lol:.

      Suka

  3. Masih menunggu upgrade RAM terlebih dahulu agar saat login dengan KDE maupun Gnome bisa berjalan mulus, baru semangat untuk mempercantik Asparagus lagi. *masih lagu lama kaset kusut. 😀

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.