Gunakan Sistem Balas Komentar pada WordPress

WordPress sudah melakukan kemajuan pada notifikasi (pemberitahuan) balasan tanggapan/komentar baru-baru ini, Pak Jarwadi sudah pernah membahas hal ini sebelumnya. Saat ini mengetahui balasan komentar bagi pemilik akun WordPress sangat mudah, cukup dengan memanfaatkan pita navigasi (navbar) di bagian atas.

Jika dulu saya harus menggunakan sistem mengikuti semua tanggapan yang masuk, dan menghasilkan banyak sekali surat elektronik pemberitahuan bahwa ada tanggapan baru terus menerus, Sekarang saya cukup menggunakan pita navigasi.

Berlangganan Komentar
Mencentang berlangganan komentar pada WordPress akan mendatangkan begitu banyak komentar baru pada kotak surat.

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan sistem baru ini. Bagi yang memiliki blog populer, yang jumlah pengomentarnya mencapai puluhan bahkan ratusaan saat ada tulisan baru dipublikasikan. Maka area notifikasi akan segera penuh, karena hanya memuat 9 butir pemberitahuan.

Untuk kasus ini, saya rasa pilihan membalas komentar via surel atau pushmail di ponsel cerdas menjadi pilihan bijak daripada harus membuka blog dan membaca semuanya.

Bagi saya yang jarang menulis di WordPress gratisan ini, maka saya tidak melihat banyak pemberitahuan di Navbar. Hanya jika ada balasan komentar saja, sehingga saya bisa berdiskusi dengan membalas komentar lagi dengan cepat.

Navbar
Notifikasi ada tanggapan baru via pita navigasi pada layanan blog gratis WordPress.

Sehingga bisa dikatakan dengan kondisi saya saat ini, saya mendapatkan keuntungan sistem ini tanpa merasakan kekurangan yang dimilikinya.

Sayangnya sistem ini tidak diadopsi oleh mesin WordPress yang ditananamkan pada server lainnya, seperti blog ini. Namun penggunaan Disqus atau sistem komentar pihak ketiga lainnya akan memberikan fitur yang kurang lebih sama, meski tanpa menggunakan pita navigasi.

Hanya satu hal yang tidak bisa dilakukan sistem WordPress ini, yaitu membaca tanggapan yang tidak menggunakan sistem “reply comment“. Misalnya pemilik blog menanggapinya dengan menggunakan “add new comment” – menambahkan komentar baru sebagai balasan sehingga bisa menjawab semua komentar sekaligus. Atau pemilik blog lebih suka menggunakan tambahan “quote reply” pada komentar asli, mungkin karena tampak lebih artistik.

Pada blog-blog WordPress.com yang menggunakan metode tersebut untuk membalas komentar yang masuk (termasuk komentar dari saya), maka saya tidak akan pernah mendapatkan pemberitahuan akan balasan tersebut, kecuali saya melakukan pemeriksaan secara manual. Ya kadang kala saya harus mengalah melakukan pemeriksaan manual

Pun demikian, semua kembali pada masing-masing narablog yang mengelola blognya. Kita bisa menyebutnya sebagai hak prerogatif seorang narablog.

20 tanggapan untuk “Gunakan Sistem Balas Komentar pada WordPress”

  1. biasanya saya balas langsung dengan  me-reply di bawah komentar.. meski tidak selalu tepat waktu sih 😀

    saya bikin akun disqus cuma buat komentar disini aja hehehe…

    Suka

    • Sama, saya juga sering mikir-mikir sebelum membalas komentar. Kadang dua minggu baru dibalas :).
      Wah makasih Nandini, sudah repot-repot hanya untuk berkomentar di sini :).

      Suka

  2. Aku memasangnya pengaya (nggak nebeng di wordpress.com) dan pilihannya silahkan centang kalau dirasa perlu, kalau nggak ya biarkan kosong.  Itu salah satu alasan mengapa defaultnya dibuat kosong, biar narablog nggak kecele’

    Suka

    • Pak Aldy, sepertinya ada tren untuk balasan ke individu yang bersangkutan akan langsung dikirimkan tanpa perlu mencentang :).

      Suka

  3. Mungkin kembali pada kebiasaan serta waktu yang kita miliki Mas.
    Karena kebetulan saya ada banyak waktu buat balas komentar, disamping itu juga dirumah atau ditempat kerja slalu terhubung koneksi internet, makanya saya membalas langsung (edit) satu persatu via dashboard.
    —————————
    Salam kenal dari Kendal.

    Suka

  4. “Bagi saya yang jarang menulis di WordPress gratisan ini…” — tulisan yang sombong, huh! Hampir aja aku kesedak minum karena baca bagian yang ini hehehe…
    Yup, fitur barunya WP GRATISAN ini (huehuehue) bisa ngejalin komunikasi lebih asyik sama komentator atau penulis tapi sayang, masih aja ada yang bales komentar di quick reply atau add new comment gitu, kan repot harus bolak-balik. *Sama kayak disqus kamu ini* — kritik lagi. #kaboor!

    Suka

    • Kamu ndak mungkin kesedak Deva, Wong durian paling besar saja bisa masuk :P.
      Sama saja Deva, kalau orang komentar di WordPress tapi ndak pakai akun WordPress ya ndak bisa menikmati fitur ini. Disqus juga begitu, kalau ndak ada akunnya ya ndak maksimal. Apalagi yang kupakai di blog kan versi gratisnya :).

      Suka

    • Tapi dulu tiap ada balasan dari kamu, aku bisa terima di email dech *ngeyel tapi beneran* 🙂

      Suka

  5. untuk mengikuti topik yang benar benar saya inginkan, saya tetap memantaunya melalui email, hehe, jadi ketika saya sedang keluar tidak bisa menggunakan komputer, berbalas komentar dari push mail rasanya lebih efisien 🙂

    Suka

    • He he…, ini juga saya membalasnya melalui “pushemail”, males buka komputer lagi. Tapi prinsipnya kurang lebih sama seperti Pak Jarwadi :).

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.