Rilis elementary OS 3.0 – Freya

Tulisan ini mungkin terlambat terbit, dan beberapa dari Anda mungkin sudah mencoba Elementary OS terbaru – “Freya”. Tapi di antara banyak distribusi, mungkin elementary OS adalah salah satu distribusi yang bisa yakin saya tanamkan di sebuah komputer baru (selain openSUSE, dan Antergos). Alasannya sangat sederhana, yaitu pengembangan dan stabilitas, serta karya seni dan cita rasa sebuah sistem operasi. Menggunakan elementary OS, tidak memberikan kesan seperti menggunakan Mac OS, namun ekosistem yang dibangun bisa dibilang benar-benar sesuatu yang tertata, dan kadang mungkin malah eksklusif. Berbeda dengan Mint yang berusaha tampil dengan Cinnamon atau MATE, maka elementary OS selalu tampak elegan dengan Pantheon-nya.

Freya
Salah satu tampilan Elementary OS Freya yang sudah mengalami modifikasi. Sumber gambar: gamblisfx.com.

Ketika sejumlah distribusi lain berusaha menggabungkan beberapa ekosistem ke dalam sistem operasi agar dapat digunakan secara optimal, maka elementary OS membangun sendiri ekosistem tersebut, setidaknya demikian yang saya rasakan. Saya tidak bisa mengatakan banyak, Anda harus mencicipinya sendiri, bagaimana usabilitas dan produktivitas bisa berpadu dengan baik di sini.

Jika Anda berminat, Anda bisa mengunduh elementary OS di situs resminya, jangan lupa memberikan sedikit sumbangan – karena mereka sudah bekerja keras menyediakan sistem operasi yang cantik dengan tidak ada bloatware apalagi tracking software di dalamnya yang bisa mengancam privasi pengguna.

34 tanggapan untuk “Rilis elementary OS 3.0 – Freya”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.