Avast! 7 Dengan Teknologi Awan Hibrida

Kemarin saya menerima berita dari tim pengembang avast! antivirus mengenai kisi-kisi baru teknologi yang akan ditanamkan pada avast! antivirus terbaru nanti. Melihat perkembangan teknologi saat ini, peningkatan kejahatan yang menggunakan teknologi informasi dan penyebaran peranti lunak jahat, maka avast! mengembangkan sistem komputasi awan untuk produk terbarunya nanti.

Teknologi awan hibrida (hybrid cloud technology) pada avast! 7 akan memberikan semua pengguna pembaruan yang mengalir terus menurus (streaming updates) akan peranti jahat (malware) terbaru sebagai tambahan untuk pembaruan database virus reguler.

Menurut Vlcek – CTO avast! – biasanya komputer klien (pengguna avast!) harus menarik/mengunduh update, namun kini avast! hendak mendorong (push) pembaruan pada klien. Jadi begitu ada pembaruan terkini, avast! dapat mengirimnya langsung pada seluruh pengguna.

Menurut AV-test, sebuah agen penguji antivirus independen, kebanyakan produk keamanan gratis menyediakan kurang dari tiga pembaruan setiap harinya, bahkan lebih sedikit pada akhir pekan. Dengan peluncuran avast! 7, AVAST Virus Lab akan merilis sekitar 20 pembaruan per harinya dan bertambah secara bertahan seiring dengan perkembangan infrastruktur.

AVAST Virus Lab menambahkan sekitar 25.000 signatura virus komputer per harinya. Daripada menunggu pembaruan dua atau tiga kali setiap harinya, pengguna bisa memperoleh “streaming updates” sepanjang hari.

Pendekatan AVAST Software’s hybrid memadukan kekuatan pembaruan “awan” dan database virus tradisional. Dengan avast! 7, aliran data dikumpulkan di atas (sebagai tambahan) pembaruan database reguler yang terdapat pada diska keras pengguna, membuat mereka tetap terlindung tanpa memandang jenis koneksi Internetnya. Oleh karena keunggulan struktur jaringan avast, dua juta komputer klien dapat terhubung pada sebuah server tunggal.

Pemilihan sistem hibrida akan memberikan keunggulan dibandingkan sistem perlindungan “awan” saja, di mana jika hanya mengandalkan komputasi awan, maka pengguna harus terus terhubung dengan Internet agar terlindungi – karena data tidak disimpan pada komputer pengguna.

AVAST akan tetap mempertahankan munculan suara dan jendela notifikasi yang menandakan adanya pembaruan reguler. Fitur ini sudah memberikan ke-khas-an tersendiri pada avast! antivirus, ada banyak pengguna yang menyukai kepastian bahwa mereka telah mendapatkan perlindungan terkini. Mereka yang tidak memerlukannya, bisa mematikan fitur ini via setelan.

Tim avast! mengundang Anda untuk makan malam bersama pada 29 Februari dan melihat dibalik avast! 7 yang akan datang, jika Anda berada di San Fransisco pada Konfrensi Keamanan RSA 2012.

16 tanggapan untuk “Avast! 7 Dengan Teknologi Awan Hibrida”

  1. Aku sudah lama nich pake avast, nah terakhir kemaren update, trus minta restart, trus finish, tapi kenapa ya komputer aku ngedadak lemot banget y?

    Suka

    • Apa juga pakai versi beta? Mungkin ada glitch di suatu tempat. Saya sendiri tidak mengalaminya. Coba ditengok konsumsi sumber dayanya, seperti CPU dan RAM, apakah ada petunjuk avast! menggunakan sumber daya berlebih?
      Jika bisa, silakan kunjungi forum.avast.com, ada versi bahasa Indonesia untuk berdiskusi bersama. Siapa tahu ada yang bisa membantu.

      Suka

  2. Akhirnya saya menginstall sejenis antivirus bli,, VirusBarrier Express namanya…
    Tapi hampir nggak pernah terpake.. semoga tetap aman…takutnya klo menginstall antivirus memperberat system…

    Suka

  3. setelah bikin akun DISQUS. akhirnya bisa comment di sini :D. butuh perjuangan untuk menentukan usernamenya ckckck. balik lagi ke apasnya 🙂
    saya sudah tau info ini lewat FPnya (facebook pages) avast dan juga forum langganan saya. perubahan pada GUInya mungkin jadi ketertarikan tersendiri. penasaran dengan avast 7 ?, boleh di coba betannya :D. klo saya cari aman saja 😛

    kemarin heboh tentang avast mobile android, sekarang avast 7. avast selalu membuat kehebohan :P. tapi saya tidak pernah mendengan kehebohan tentang avast backup 😀

    Suka

    • Oh, memang perlu buat akun dulu ya? Sepertinya sih ndak perlu :).
      Yah, karena avast! Komunitasnya cukup besar, jadi beritanya bisa menyebar dengan cepat.

      Suka

    • Saat ini hanya untuk avast! 7 yang seri Windows. Kecuali nanti virus di ponsel cerdas menjadi seramai virus di komputer, mungkin juga bisa dipertimbangkan.

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.