Permenkes nomor 37 tahun 2017 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Terintegrasi

Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang mengombinasikan pelayanan kesehatan konvensional dengan pelayanan kesehatan tradisional komplementer, baik bersifat sebagai pelengkap maupun pengganti dalam keadaan tertentu. Sementara  Pelayanan Kesehatan Konvensional adalah suatu sistem pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh dokter dan/atau tenaga kesehatan lainnya berupa mengobati gejala dan penyakit dengan menggunakan obat, pembedahan, dan/atau radiasi.

Integrasi keduanya diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan nomor 37 tahun 2017 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Terintegrasi.


Peraturan ini sekaligus menggantikan  Peraturan Menter Kesehatan Nomor  1109/MENKES/PER/IX/2007 tentang Penyelenggaraan Pengobatan Komplementer-Alternatif di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, yang saat ini dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Fasilitas pelayanan kesehatan yang telah menyelenggarakan pelayanan kesehatan tradisional diharapkan menyesuaikan dengan peraturan baru paling lambat 3 tahun sejak diundangkan.

Diterbitkan oleh Cahya

A writer, a tea & poet lover, a xanxia addict, an accidental photographer, - a medical doctor.

%d blogger menyukai ini: