WinStep Nexus Dock untuk Windows

Ada banyak cara untuk mempercantik desktop Windows, salah satunya adalah dengan menambahkan dock applet. Mungkin yang sudah terkenal adalah rocket dock, start dock atau object dock. Ini memberikan Anda sedikit sentuhan desktop OS Mac pada sistem operasi Windows (silakan merujuk pada artikel saya sebelumnya yang berjudul, Vista bernuansa OS X Leopard).

Tapi kini mungkin kita bisa mengubah tipe galangan yang digunakan sehingga masih bisa memperkuat kesan sistem operasi Windows yang digunakan. Yang ditawarkan saat ini adalah program WinStep Nexus Dock yang dapat digunakan hingga sistem operasi Windows 7.

Apa yang ditawarkan oleh galangan yang satu ini? Coba lihat pratampil berikut.

Melihat gambar di atas Anda pasti sudah memahami maksud saya. Fitur yang disediakan adalah:

  • Sistem galangan jamak (multi-dock system);
  • Galangan bertingkat (multi-level dock);
  • Bayangan ikon tercermin (live icon reflections);
  • Pembesaran (maginification);
  • Efek blur glass;
  • dan masih banyak lagi (silakan merujuk pada beranda).

Sistem (spesifikasi) yang diperlukan adalah:

  • Windows 2000, XP 32/64 bit, 2003 Server, Vista 32/64 bit or Windows 7 32/64 bit.
  • 500 Mhz or faster processor.
  • 256 MB of RAM or more.
  • 30 MB of free hard disk space or more.
  • Screen resolution of 800×600 or higher.

Program ini ada yang versi penuh berbayar ada yang versi gratis. Versi gratis adalah Nexus 10.3, untuk mendapatkannya silakan unduh di sini.

Versi berbayar adalah WinStep Extreme, ada kesempatan untuk mendapatkan lisensinya secara gratis, syaratnya Anda harus menjadi penerjemah programnya ke dalam bahasa lokal, semisal Bahasa Indonesia yang belum didukung. Selain mendapatkan lisensi gratis, penerjemah juga akan dipajang namanya dalam daftar kredit di program tersebut sebagai seorang kontributor. Karena program ini belum ada terjemahannya ke dalam Bahasa Indonesia, mungkin Anda bisa mengajukan diri. Keterangan lengkap silakan baca di sini.

Siapa tahu Anda bisa memiliki Windows 7 Extreme.

Diterbitkan oleh Cahya

A writer, a tea & poet lover, a xanxia addict, an accidental photographer, - a medical doctor.

10 tanggapan untuk “WinStep Nexus Dock untuk Windows

  1. tapi desktop saya tidak bisa memakai ini, lagipula saya sudah puas dengan compiz-fusion di box saya. 🙂

    Suka

  2. Saya malah sudah mengubah tampilan windows saya hampir Full Mac Leopard 1.05 Mas, ntar akan saya posting di Aldymy.name.

    Suka

    1. Pak Aldy,

      Saya kemarin sempat mencoba itu, tapi sepertinya malah jadi kehilangan fitur aero di Vista (maksudnya jadi ga sebagus kalau semua kecantikan aero difungsikan), jadi sayang juga 😀

      Suka

      1. Mas Cahya benar benar, kalau di Windows Vista fungsi Aero-nya menjadi tenggelam.
        Tapi yang ini khusus Windows XP dan penggantiannya juga dengan cara manual.

        Suka

        1. Pak Aldy,

          Iya sih, kalau XP bakal jauh tampak lebih bagus. Sebenarnya sih ga terlalu juga, karena ada beberapa dekorasi yang memungkinkan aero-nya masih aktif, tapi perlu skin terbaru dengan program-program pendukung terbaru, semisal Firefox 3.7 alpha-4 dengan Skin Mac OS sangat cantik berpadu dengan fitur aero 🙂

          Suka

  3. Melihat fitur gambarnya seperti tampilan multidimensi nan futuristik. Sebuah inovasi desktop yg bagus. Mau dicoba unduh yg gratisan dulu ya. Terimakasih info teknologi komputernya, telah menambah wawasan pengetahuan baru.

    Suka

    1. Dokter Putu,

      Walau sebenarnya bukan aplikasi baru untuk Windows, tapi memang ada beberapa pembaharuan. Seperti ikon yang lebih manis dengan efek “candy” dan “refelction” serta lain sebagainya. Jadi yah…, layak juga dicoba-coba 🙂

      Suka

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: