Selamat Tinggal Pear OS

Salah satu distro Linux yang menyerupai Mac OS X, Pear OS, sudah hilang dari tangan komunitasnya. Tampaknya Pear OS “dijual” ke sebuah perusahaan yang tidak disebutkan namanya.

Pear OS is no longer available for download.” he wrote. “Its future is now in hands of a company who wants to remain anonymous for the moment. The concept has pleased them it and now wants to continue and improve the system for their own products. I can not give a name but it is a very large company well known…

Hanya kalimay itu yang didapat dari keterangan yang resmi dari pengembang/pencipta Pear OS, sehingga banyak spekulasi yang muncul di Internet, tentang perusahaan mana yang membeli “Pear OS” hingga dirahasiakan. Apakah Apple, yang selama ini sering menyerang produk saingan yang “mirip” dengan produknya? Apakah perusahaan komputer besar seperti Lenovo yang selalu mengincar GUI lebih cantik? Apakah perusahaan besar seperti Yahoo? dan sebagainya.

Apapun yang terjadi, setidaknya Pear OS sudah (pernah) memberikan warna tersendiri pada dunia Linux. Memang disayangkan hilang dari komunitas, tapi memang sejak tahun lalu banyak distribusi Linux yang berguguran, walau Pear OS bukan yang gugur karena kekurangan sumber daya untuk mengembangkannya.

Jika Anda masih tertarik menggunakan distribusi Linux berasa sederhana dan bisa diubah seperti Mac OS, maka Elementary OS adalah pilihan berikutnya.

8 tanggapan untuk “Selamat Tinggal Pear OS”

    • Melvin, bukan sendirian, tapi mungkin penguasa tunggal. Elementary posisinya kalau saya lihat lebih kuat, karena punya komunitas yang lebih solid.

      Mereka memiliki visi yang jelas, sehingga perkembangannya mereka seperti “akulah penentu” komunitas :).

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.