Mengelola Keuangan pada openSUSE Linux

Untuk mengelola keuangan secara sederhana pada Linux, termasuk openSUSE, kita memerlukan aplikasi akuntasi yang bisa memberikan kemudahan bagi kita. Saya masih ingat dulu saat awal mengenal komputer, saya sempat mencicipi Peach Tree, MYOB dan Quicken pada Windows – sebenarnya ingin tampil keren, tapi lama kelamaan malah malas, mungkin saya memang tidak berbakat mengelola finansial.

Linux sendiri memiliki aplikasi akuntansi yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan. Sebut saja GnuCash yang sudah lama mendampingi Linux, aplikasinya dikatakan menyerupai Quicken. Dan ada juga yang dibuat oleh KDE bernama Skrooge – merupakan aplikasi akuntasi yang menyerupai MYOB.Nah, kini sebenarnya terserah pada pengguna, apalagi bagi mereka yang sebelumnya menggunakan Windows dan hendak bermigrasi ke Linux, bisa memilih aplikasi yang mereka ingginkan.

Jika Anda menggunakan openSUSE dengan desktop GNOME, mungkin GnuCash akan lebih ramah, sementara di sisi lain jika KDE yang digunakan, mungkin Skrooge akan lebih pas. Meski tentu saja dapat saling menggantikan.

Selain dua peranti lunak yang cukup populer tersebut, accounting software lainnya yang tersedia untuk Linux antara lain adalah Grisbi dan KMyMoney. Keduanya telah tersedia pada repositori openSUSE terbaru saat ini. Anda tidak akan perlu bingung mengenai aplikasi keuangan ketika menggunakan openSUSE Linux.

Diterbitkan oleh Cahya

A writer, a tea & poet lover, a xanxia addict, an accidental photographer, - a medical doctor.

7 tanggapan untuk “Mengelola Keuangan pada openSUSE Linux

  1. Hahahahaha are you trying to help me with the financial issues that I wrote before in my blog? *geer* 😀

    Suka

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: