Open Live Writer untuk Narablog

Dulu, pada era kejayaan para narablog (pemilik dan penulis blog), perangkat lunak klien blog yang paling unggul (menurut saya sendiri) adalah Windows Live Writer. Bisa dihubungkan dengan WordPress, Blogger, TypePad dan lainnya. Pengguna bisa mengelola tulisan publikasi (bahasa kerennya: postingan) di satu tempat yang sama, apalagi jika memiliki banyak blog sekaligus.

Satu-satunya aplikasi yang sanggup menyaingi Windows Live Writer sampai saat ini menurut saya adalah Blogilo dari KDE’s App.

Kabar baiknya, sumber kode Windows Live Writer kini dijadikan open source dalam sebuah proyek Open Live Writer.

http://openlivewriter.org

https://github.com/OpenLiveWriter/OpenLiveWriter

Kodenya bisa didapatkan di GitHub. Hanya saja, kabar belum baiknya – aplikasi ini belum tersedia asali dalam repositori distribusi Linux kebanyakan. Dan pemaketan perangkat lunaknya masih dalam bentuk EXE. Apakah ini bermakna untuk menjalankan di Linux akan memerlukan WINE?

Saya hanya bisa menunggu, semoga bisa ada pemaketan dalam bentuk RPM/DEB, meskipun ada source code dalam pengarsipan ZIP dan TAR GZ, namun saya belum mencobanya di Linux.

Bagi narablog yang menggunakan Windows, tentu saja aplikasi ini bisa dicoba sebagai pendamping ataupun pengganti Windows Live Writer.

Diterbitkan oleh Cahya

A writer, a tea & poet lover, a xanxia addict, an accidental photographer, - a medical doctor.

2 tanggapan untuk “Open Live Writer untuk Narablog

  1. kode sudah di git tapi itu aplikasi NET bukan? basisnya IE berarti bahasa pemogramannya beda. butuh waktu sekali mengkonversi ke lingkungan linux … semoga cepat di porting. karena blogilo terkini tidak bisa lagi untuk memposting gambar. Walau untuk posting berupa tulisan sih masih bisa.

    Suka

    1. Sepertinya pakai NET.

      Blogilo ada dua versi ya. Versi Lawas dan blogilo5 kalau saya tidak salah ingat. Mungkin satunya untuk plasma desktop.

      Suka

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: