Ekstensi Opera AdBlock

Sebelumnya saya pernah membahas tentang solusi memblok iklan pada peramban Opera dengan menggunakan NoAds. Cara tersebut cukup populer ketika itu, namun sekarang ada ekstensi baru yang melebihi kepopuler ekstensi tersebut, yang disebut dengan Opera AdBlock. Selain penggunaan dan integrasinya lebih sederhana ke peramban, fitur yang digunakan juga lebih kaya dan lebih banyak pilihan bagi pengguna.

Sebagai salah satu metode menghalangi iklan pada peramban, ekstensi ini juga dilengkapi sistem berlangganan daftar iklan yang diperbarui secara berkala. Beberapa daftar populer seperti FanBoy, Easy List, atau Peter Lowe dan lainnya (termasuk beberapa bahasa lokal) juga didukung oleh ekstensi ini. Jika Anda berpengalaman dengan CSS, maka dengan metode yang advance, Anda bisa menutup CSS iklan melalui setelan Fanboy CSS Filter.

Bahkan dikatakan, ekstensi ini juga mampu memblok iklan yang muncul pada Gmail. Dan fitur khususnya, yang dapat diaktifkan kemudian, adalah mencegah trakcing (pelacakan) dari situs-situs yang menerapkan kode pelacakan, seperti fitur statistik ala Google Analytics. Jika Anda menyukai privasi anda tetap terjaga selama berselancar, maka fitur seperti sangat bermanfaat untuk diaktifkan.

Jika Anda menggunakan peramban Opera, maka ekstensi ini akan sangat sayang jika dipasang pada peramban anda.

Diterbitkan oleh Cahya

A writer, a tea & poet lover, a xanxia addict, an accidental photographer, - a medical doctor.

4 tanggapan untuk “Ekstensi Opera AdBlock

  1. Ha..ha..Itulah jika terlalu kejam memblok 😉 Saya sendiri sejauh ini baru sebatas menggunakan ABP di Chromium.

    Suka

  2. Filter CSS sepertinya juga bisa dilakukan di AdBlock Plus, asalkan kita tahu ID pada elemen yang akan kita blok. Di menu filter, biasanya ada tanda # pada list yang kita blok. Itu menandakan ID markah CSS elemen yang sudah kita blok.

    Oya, apakah Opera AdBlock juga langsung otomatis memblok/menghalangi iklan dalam bentuk flash?

    Suka

    1. Mas Is, saya tidak pernah mencoba sampai sejauh itu. Mungkin karena teknik pengembangannya serupa, jadi sepertinya ya mirip-mirip saja :). Kalau iklan flash tidak bisa dihalangi dengan AdBlock, saya akan pakai penghalang elemen. Tapi karena setelan block content di opera saya sudah begitu banyaknya, saya tidak bisa tahu yang mana iklan yang dblok oleh Opera AdBlock dan yang mana oleh penghalang elemen :|.

      Suka

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: