Tenaga Kesehatan, Sudahkah Anda terdaftar untuk Mendapatkan Vaksin COVID-19?

Pemerintah merencanakan pengizinan penggunaan vaksin COVID-19 dalam situasi kedaruratan wabah COVID-19. Sebagai tenaga kesehatan, saya menyetujui langkah ini, dengan catatan bahwa seluruh kewaiban dalam menelurkan suatu EUA (emergency use authorization) sudah terpenuhi.

Perbandingan pengembangan vaksin di era tradisonal dan pandemi.

Bagi tenaga kesehatan yang bekerja di garda depan dan belakang situasi pandemi, perlindungan sangat penting bagi kita. Dampak COVID-19 bukan sekadar berbicara pada mortalitas (kematian), namun juga morbiditas (kecacatan) yang belum banyak digali dan dikaji.

Tidak ada cara yang lebih manjur mengakhiri suatu pandemi dibandingkan dengan vaksinasi (kecuali karantina penuh wilayah dan orang di seluruh planet ini). Oleh karenanya, penting sekali kita mendukung proses vaksinasi ini.

Peduli Lindungi.

Tenaga kesehatan akan menerima vaksin secara gratis yang disediakan oleh pemerintah. Dan untuk mengetahui hal ini, tenaga kesehatan dapat memeriksa langsung apakah dia terdaftar dalam penerima vaksin gratis melalui website: pedulilindungi.id.

Apakah vaksin efektif?

Kita berharap vaksin cukup efektif untuk menghentikan atau menekan laju pandemi. Sebagaimana banyak vaksin sebelumnya dalam sejarah kita.

Sejarah efektivitas (kemanjuran) vaksin dalam menghadapi wabah.

Hanya saja, setelah vaksinasi, bukan berarti kita bisa santai dan bebas begitu saja dan melupakan prosedur perlindungan lainnya. Karena vaksinasi hanya salah satu perlindungan, dan perlindungan lain masih tetap diperlukan untuk menjaga kita dan orang-orang di sekitar kita.

Kita mungkin memerlukan lebih dari satu kali vaksinasi untuk mencapai target imunitas yang diharapkan, dan mungkin saja suatu saat nanti kita juga perlu penguat (booster) lagi.

Semoga dengan vaksinasi (bersama dengan protokol kesehatan lainnya), pandemi COVID-19 dapat dikendalikan dan dieleminasi dari negeri kita.

Diterbitkan oleh Cahya

A writer, a tea & poet lover, a xanxia addict, an accidental photographer, - a medical doctor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: