Antivirus untuk Mac OS

Pengguna klasik Mac OS mengatakan bahwa Mac OS tidak memerlukan antivirus. Dan semua sistemnya berjalan dengan aman dan baik. Sayangnya, saya tidak setuju dengan hal itu. Mac OS bukan sebuah sistem tertutup penuh yang bisa aman dari serangan malware, dan saya termasuk yang sepakat dengan pernyataan tersebut.

Semua fasilitas perlindungan standar yang diperlukan Windows juga layak dipertimbangkan ada di Mac OS, antivirus adalah salah satunya. Tentu saja, hal ini ada untung dan ruginya.

Avast Premium Security

Ada banyak tersedia produk antivirus untuk Mac OS di pasaran. Bahkan lebih banyak daripada yang disediakan bagi distribusi Linux. Mulai dari yang gratis, hingga yang premium.

Pertama, mari bicara keuntungannya. Tentu saja dari namanya, antivirus berfungsi untuk menemukan, menghapus aplikasi jahat (malware) sebelum menimbulkan kerusakan pada data atau privasi pemilik data di komputer, dalam ini pengguna Mac OS. Antivirus pada Mac OS efektif, dan saya selama dua pekan menggunakan Mac OS mencegah potensi serangan dari tidak hanya satu atau dua saja berkas yang potensial merusak.

Mereka yang tidak menggunakan antivirus mungkin tidak akan menyadari bahwa Mac OS mereka terinfeksi oleh malware. Sama seperti halnya pengguna Windows, tidak banyak yang menyadari bahwa komputer Windows mereka telah terinfeksi oleh virus komputer. Setidaknya Windows 10 mengambil langkah lebih baik saat ini dengan memiliki antivirus Windows Defender yang mereka jalankan secara asali dan memiliki pembaruan keamanan berkala setiap bulannya.

Intinya, jika pengguna mengunduh berkas terinfeksi virus di Mac OS, saya melihat Mac OS tidak akan melakukan apapun. Ya, Mac OS memiliki sistem antimalware yang menurut produsen bekerja secara tak kasat mata. Tapi untuk kasus yang saya temukan langsung, hal ini tidak terjadi. Antivirus mencegat dan mengamankan berkas perusak lebih cepat dibandingkan dengan sistem keamanan bawaan.

Sedemikian hingga, antivirus pada Mac OS memang bekerja secara efektif.

Kedua, apa kerugiannya? Banyak yang mengatakan bahwa antivirus akan menyita sumber daya komputer, dan membuatnya menjadi lebih lambat. Memasang antivirus pada Mac OS lebih banyak rugi daripada untung, kata beberapa nasihat di forum. Tapi apakah demikian?

Penggunaan RAM oleh aplikasi avast antivirus pada Mac OS Big Sur

Sejak tahun 2020 yang lalu, saya kira standar minimal RAM untuk komputer yang dijalankan oleh Windows 10 dan Mac OS 11 adalah 8GB RAM. Jika kapasitas RAM di bawah 8GB, maka biasanya saya menyarankan menggunakan distribusi Linux yang ringan, atau menggunakan Windows versi sebelumnya dengan lebih berhati-hati. Jika perangkat kita memiliki 8GB RAM, maka tambahan aplikasi antivirus yang berjalan tidak terlalu berat.

Lalu, antivirus apa yang akan digunakan?

Jika aktivitas Anda hanya membaca dan membalas surel, menjelajahi situs web, Anda mungkin tidak memerlukan antivirus tambahan. Jika Anda harus bertukar berkas lewat email/instant messaging atau flashdrive/disk, Anda mungkin memerlukan antivirus dengan perlindungan dasar. Jika Anda memiliki data sensitif yang tidak boleh rusak sama sekali, Anda akan mempertimbangkan proteksi premium.

Produk antivirus bisa dipilih dari produk yang memang sudah Anda percayai. Atau jika belum pernah menggunakannya, silakan bertanya pada forum atau pada mereka yang sudah pernah menggunakan. Pengguna juga harus mempertimbangkan harga, kadang proteksi premium jika Anda tidak benar-benar memerlukannya mungkin akan sia-sia saja dan menjadi pemborosan.

Diterbitkan oleh Cahya

A writer, a tea & poet lover, a xanxia addict, an accidental photographer, - a medical doctor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: