ProtonMail dan CTemplar

Apakah kita pernah berpikir bahwa email selaaknya bisa memberikan privasi yang lebih baik? Surat kita tidak dibaca oleh mesin untuk menampilkan iklan yang cocok di halaman-halaman yang kita kunjungi?

Anda sendiri pakai email dari penyedia yang mana? Yahoo, Google, atau Outlook? Setidaknya itu adalah pemain besar yang ada saat ini.

Saya sendiri adalah penggemar Outlook, karena alamat surat elektronik yang saya miliki termasuk yang paling tua dengan domain MSN sejak tahun 2003, hampir dua puluh tahun. Dan Microsoft tampaknya saat ini mengelolanya dengan baik.

Saya memiliki juga akun Google dan Yahoo yang masih aktif dengan usia yang kurang lebih sama. Saya tidak terlalu menggunakan Yahoo lagi sejak layanan itu diambil alih oleh Verizon. Sementara Google hanya untuk konektivitas ke jejaring sosial, yang jelas isinya entah notifikasi, kabar berita, atau iklan.

Bagaimana dengan kotak surat pribadi? Untuk berkomunikasi dari orang ke orang secara pribadi tanpa gangguan apapun?

Saya memilih penyedia surat elektronik ProtonMail, yang juga menyediakan ProtonVPN sejak beberapa tahun terakhir.

ProtonMail tidak punya iklan, bahkan untuk versi yang gratis sekalipun. Sayangnya, kotak masuk yang disediakan tidak besar, hanya 500MB untuk versi gratis. Selain tidak ada iklan, tidak ada pihak ketiga termasuk pemerintah yang mengintai surat Anda. Ho ho, terdengar sangat baik bagi mereka yang suka berkomunikasi di sisi oposisi.

Versi gratis ProtonMail ini saya hanya gunakan untuk berkirim surat ke kolega atau keluarga. Tapi karena komunikasi lebih populer dengan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan Telegram, email ini jadi nyaris jarang digunakan. Sementara untuk keperluan formal, termasuk ke negara atau instansi, saya masih menggunakan email bisnis saya yang terhubung dengan domain pribadi.

Apakah ProtonMail benar-benar aman dan privat? Ada yang menyangkalnya, dengan alasan hal ini tidak pernah terbukti (melalui audit terbuka) kepada publik, hanya semata-mata manis di mulut saja.

Sedemikian hingga, untuk keamanan dan privasi yang lebih baik, disarankan menggunakan layanan surel dari CTemplar (Crypto Templar) yang menyediakan layanan email E2EE (End to End Encrypted) anonim.

Sayangnya, CTemplar mirip dengan organisasi kesatria di abad pertengahan, untuk masuk mendapatkan akun gratis mereka, calon pengguna harus mendapatkan undangan. Mirip organisasi rahasia bukan? Tapi untuk versi berbayar, undangan tidak diperlukan.

Diterbitkan oleh Cahya

A writer, a tea & poet lover, a xanxia addict, an accidental photographer, - a medical doctor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: