Linux Mini PC

Kemarin mini PC merk Beelink seri U59 mogok. Sudah ditingkatkan ke Windows 11, tapi entah kenapa malam sebelumnya bisa digunakan secara lancar, besoknya sudah tidak bisa lagi.

Permasalahan klasik ada di freeze boot, tetap mentok di tampilan logo Beelink. Yang bisa diakses hanya setelan BIOS dan pilihan boot sesaat setelah booting sebelum macet total. Setelah menghubungi produsen dan diberikan citra Windows 11 baru, tetap saja tidak menyelesaikan masalah.

Windows 11 mungkin adalah satu sistem operasi yang penuh masalah, dan membuat saya malas menyelesaikannya. “Akhirnya kejadian juga,” Setidaknya demikian batin saya.

Akhirnya saya mengunduh berkas citra Tumbleweed terbaru, dan mengganti sistem operasi Windows 11 dengan distribusi Linux openSUSE.

openSUSE Tumbleweed on Beelink U59

It works like magic!

Yang berbeda bekerja dari Windows dan distribusi Linux hanya Office-nya (dan beberapa perangkat lunak berlisensi di Windows), sisanya sih sama saja menurut saya.

Diterbitkan oleh Cahya

A writer, a tea & poet lover, a xanxia addict, an accidental photographer, - a medical doctor.

3 tanggapan untuk “Linux Mini PC

    1. Kan sudah ada LibreOffice 🙂

      Lagi pula Microsoft 365 masih bisa diakses dan dikerjakan lewat web, dan Edge versi stabil sudah ada di Linux. Permasalahannya adalah dokumen yang menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, semisal penambahan gaya selingkung menggunakan Zotero/Mendeley jadi tidak bisa disunting dengan mudah, atau tidak bisa menggunakan perangkat lunak tambahan seperti ProWritingAid di Linux secara asali.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: