Download Gratis Microsoft Office 2013 untuk Publik

Microsoft merilis Office 2013 yang merupakan penerus dari Microsoft Office sebelumnya (Office 2003, XP, 2007, dan 2010). Produk yang sebelumnya berkode nama Office 15 ini diumumkan bisa diunduh secara gratis untuk pratampil bagi pengguna umum (public consumer preview). Microsoft menyebutnya “Office 365 Preview”.

Office 2013 hadir dengan sejumlah teknologi, misalnya saja integrasi awan, kemudian ada “click-to-run” yang merupakan teknologi yang dapat membuat kita menjalankan Office 2013 sebelum pemasangan selesai di komputer. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki versi Microsoft Office yang lain, jangan khawatir jika pemasangan (instalasi) Office 2013 akan merusak yang lama, karena bisa berjalan berdampingan.

Sayangnya, Windows XP dan Vista tidak lagi dapat menjalankan aplikasi Office 2013 ini. Untuk dapat memasangnya secara gratis, Anda setidaknya harus memiliki Windows 7 atau Windows 8.

Pratampil Office 2013
Pratampil Office 15 yang mendasari Office 2013.

Apa standar minumum yang diperlukan untuk menjalankan Microsoft Office 2013 ini?

  • Komputer dengan prosesor: 1 GHz x86/x64 dengan set instruksi SSE2
  • Memori: 1 GB RAM (32-bit) dan 2 GB RAM (64-bit)
  • Ruang kosong HDD: 3,5 GB
  • Sistem operasi: Windows 7, Windows 8, Windows Server 2008 R2 atau yang lebih baru
  • Grafis: diperlukan kartu grafis yang mendukung DirectX10 dan resolusi layar 1024×756.

Perhatikan bahwa secara otomatis nantinya akan terpasang versi 32-bit, untuk mengubahnya ke versi 64-bit. Untuk mendapatkan versi 6-bit, silakan gunakan setelan “my office account”; termasuk nantinya dapat digunakan untuk memilih setelan bahasa.

Gunakan pranala berikut untuk mendapatkan Microsoft Office 2013 Consumer Preview untuk publik:

  • Download Free Office 2013 Customer Preview Version
  • What’s New in Office 2013
  • Office 2013 Customer Preview FAQ

Sementara ini saya belum tahu sampai kapan penawaran ini tersedia, jadi mungkin tidak akan selamanya tersedia (dan memang pastinya tidak selamanya).

Namun perlu diingatkan kembali bahwa, berkas/dokumen yang dihasilkan secara asali oleh Microsoft Office bukanlah standar nasional (SNI), misalnya Office Word menghasilkan dokumen .doc/.docx. Saya biasanya menolak dikirimkan dokumen dalam bentuk bukan SNI ini. Untuk menghasilkan dokumen atau berkas berstandar SNI, Anda dapat menggunakan Libre Office atau Open Office yang juga gratis.

Update: Layanan ini sudah tidak lagi tersedia, layanan Office Online tersedia untuk digunakan secara gratis.

18 tanggapan untuk “Download Gratis Microsoft Office 2013 untuk Publik”

  1. coba saya menengok what new dulu dalam office 2013 ini, saya sendiri sekarang lebih banyak mengerjakan dokumen dengan libre office.

    apalagi satu-satunya kendala saya beberapa tahun lalu, yaitu ada satu data base yang masih sangat tergantung dengan ms acces, sekarang sudah selesai di re-engineer menjadi my sql based 🙂

    Suka

    • He he…, mungkin itu berarti kalau Microsoft ingin produk Office terbarunya laku keras di Indonesia, mereka mesti bantu bangun infrastruktur jaringan Internet berkecepatan tinggi di negeri ini.

      Suka

    • Ah ya, saya juga jarang sekali menggunakan Microsoft Office sekarang, dan kebetulan notebook saya masih menggunakan Windows Vista. Sayang untuk diganti, lisensinya kan masih berlaku hingga 5 tahun lagi.

      Kalau sudah migrasi ke MySQL, biasanya bisa diakses dari pelbagai sistem operasi kan?

      Suka

  2. Aku sih bukan anti windows mas, namun semua aktifitas di office aku alihkan di openoffice. Meski tidak semua fasilitas tersedia, namun bagiku lebih enak dan nyaman lahir batin 😀

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Suka

    • Saya rasa itu pilihan yang baik Pak, kita jadi tidak bergantung pada produk proprietary. Seandainya gratis sih tidak masalah, namun karena berbayar, bisa jadi lebih besar pasak daripada tiang bagi kebanyakan masyarakat kita. IMHO.

      Suka

  3. wah Office 2013 udah keluar. Saya masih pake yang 2010. Mungkin nanti saya coba soalnya downloadnya itu untuk saat-saat ini bandwith terbatas 😀

    Lah saya baru tahu untuk file dokumen juga ada SNInya 😀

    Suka

    • Sudah keluar Mas, tapi belum final. Ini masih consumer preview. Contoh rilis yang akan diperlihatkan pada konsumen. Versi finalnya nanti bisa sama berubah sesuai tanggapan calon konsumen.

      Iya, baru ditetapkan tahun lalu untuk SNI dokumen ini.

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.