Aplikasi Google Meet untuk Windows

Google memiliki aplikasi rapat (meeting) yang enak, kini Hangout berubah menjadi Google Meet yang sangat mudah dan nyaman digunakan. Bisa melalui aplikasi Gmail di ponsel maupun dengan peramban di komputer.

Sayangnya, Google Meet tidak memiliki aplikasi asli pada sistem operasi Microsoft Windows (dan mungkin juga pada distribusi Linux). Hal ini karena Google bersikeras bahwa aplikasi melalui peramban sudah cukup membuat semua fitur yang diperlukan pengguna telah dapat diakses dengan optimal.

Dan, ya itu benar!

Hanya saja jika Anda menggunakan Google Chrome dengan membuka sejumlah peramban dan juga membuka Google Meet, ini bisa menjadi bencana. Kecuali Anda memiliki RAM 8GB atau 16GB kanal-ganda ke atas, Chrome bisa jadi sudah melumpuhkan komputer terlebih dahulu.

Itulah mengapa saya lebih suka menggunakan Google Meet dengan klien tersendiri. Ada dua pilihan optimal saat ini, yaitu menggunakan Google Meet peramban dan menjadikannya sebagai aplikasi Desktop.

Memasang Google Meet dengan memanfaatkan Edge. Sumber: allthings.how.

Hal ini dilakukan dengan menjadikannya sebuah shortcut melalui Chrome, atau memasangnya menjadi aplikasi dengan peramban Edge. Saya lebih suka cara kedua, karena saya tidak menggunakan Google Chrome, melainkan Microsoft Edge.

Ada opsi lain?

Google mungkin tidak mengembangkan klien, tapi tidak berarti tidak ada pihak ketiga yang mengembangkannya.

MeetInOne adalah salah satu klien Google Meet yang populer di Mac OS, dan kini hadir di Windows 10 dan 11 melalui Microsoft Store.

MeetInOne memiliki banyak kelebihan seperti:

  • Unlimited Accounts
  • Create Meetings
  • Analytics
  • Save Meeting Links
  • Push-to-talk
  • Auto-skip waiting screen
  • Auto-mute Audio & Video
  • Auto-toggle captions
  • Show timer during meeting
  • Auto-admit participants
  • Auto-reject participants
  • Dark Mode

Fungsi-fungsi tersebut beberapa tidak tersedia bagi pengguna biasa di Google Meet, tapi tersedia sebagai fitur premium aplikasi MeetInOne.

Bisa dikatakan, MeetInOne memang favorit bagi mereka yang menghandalkan pertemuan daring dengan Google Meet, dan harganya juga sangat terjangkau. Tentu perlu akun Microsoft untuk membelinya melalui kartu kredit, atau Anda bisa mendapatkan jasa penjualan melalui e-niaga seperti di Tokopedia (dan kemudian tinggal menukarkan kodenya melalui Microsoft Store).

Dari dua opsi di atas, jika Anda tidak memerlukan banyak kendali terhadap rapat, maka opsi yang pertama saya sarankan. Walau perlu tambahan sedikit upaya, tapi tidak perlu tambahan biaya. Tapi jika Anda ingin kendali lebih banyak, opsi kedua bisa saya sarankan dengan biaya yang sangat terjangkau, dan lisensi aplikasi klien berlaku selamanya walau berpindah komputer.

Diterbitkan oleh Cahya

A writer, a tea & poet lover, a xanxia addict, an accidental photographer, - a medical doctor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: