Zorin OS 16

Zorin OS 16 merupakan rilis terbaru Zorin yang termasuk bagi saya merupakan salah satu alternatif terbaik ketika beralih dari Windows ke distribusi Linux. Perubahan sendiri tidak begitu banyak dari edisi sebelumnya, sehingga menjadikan Zorin OS ramah bagi pengguna lama maupun baru.

Berbasis Ubuntu (DEB) dengan antarmuka yang diturunkan dari Gnome, membuat Zorin OS tampil bersih dan nyaman. Bahkan Pop!_OS yang populer pun tidak memiliki tampilan senyaman Zorin OS. Satu-satunya yang lebih bagus dari Zorin OS menurut saya pribadi adalah Elementary OS, yang sayangnya bersifat terlalu eksklusif.

Zorin OS 16

Berkas pemasangannya tidak begitu besar, sekitar 2-3 GB, dan bisa ditanamkan ke UFD dengan kapasitas 4-8 GB. Pemasangannya juga tidak sulit, hanya memerlukan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan distribusi lain yang pernah saya coba melalui VMWare.

Seperti Pop!_OS, Zorin OS juga memiliki koleksi pasar aplikasi yang luar biasa banyak. Tapi seiring dengan populernya pemasang universal seperti Flatpak dan Snap, sebagian besar distribusi memiliki pilihan ini. Hanya saja, Zorin OS sudah menanamkan keduanya secara otomatis.

Dukungan perangkat lunak yang luas bukan saja kemudahan yang diberikan oleh Zorin OS. Tapi setidaknya memudahkan bagi pengguna baru yang tidak terbiasa memasang aplikasi menggunakan baris perintah baik dengan mengambil dari repositori ubuntu, flatpak, maupun snapcraft.

Zorin OS juga memiliki fitur penawaran aplikasi alternatif jika pengguna mencoba memasang aplikasi berbasis Windows (EXE).

Menggunakan VMWare tidak memberikan pengelaman yang nyaman bagi saya, walaupun telah dialokasi 8GB RAM dengan dua prosesor. Mungkin saya perlu mencobanya pada mesin tersendiri secara langsung, sayangnya mesin tersebut masih saya gunakan.

Secara keseluruhan, pengalamaan sesaat menggunakan Zorin OS 16 memberikan beberapa kepuasan, mulai dari pemasangan yang mudah, akses terhadap software yang berlimpah, dan tentu saja antarmuka jernih khas Zorin yang membuat pengguna betah.

Diterbitkan oleh Cahya

A writer, a tea & poet lover, a xanxia addict, an accidental photographer, - a medical doctor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: